1
Terkadang kita perlu memasukkan gambar di post tetapi sayang itu dapat memperlambat loading blog. Padahal Gambar memiliki peran yang vital di blog karena selain memperindah juga mempermudah pengunjung untuk mengakses sesuatu .Agar loading blog cepat tentu harus dicompress, mau tahu caranya ?

Jenis format file

Lebih baik gunakan yang berformat PNG untuk gambar di website daripada JPG/ JPEG. Kelebihannya adalah ukurannya yang lebih kecil dan transparan. Berbeda dengan JPG, PNG jika ( tidak terlalu ) dibesarkan tidak akan patah-patah.

Ukuran file

Yang dimaksud bukan ukuran byte tetapi besarnya gambar. Semakin besar tentu ukuran ( byte ) nya semakin banyak sehingga lebih baik gunakan yang kecil daripada yang besar.Diusahakan juga jika menggunakan warna sebagai background,  seperti putih ( kode warna : #FFFFF / #fff ), hitam ( kode warna : #00000 ) dll. ( dapat dicari di colorhunter.com

Kompress gambar anda

Umumnya, cara mengkompress gambar adalah dengan menggabungkan warna yang sejenis jadi 24 bit menjadi 8 bit juga membuang bagian yang tidak berguna/tidak diperlukan dan cara-cara lainnya.

Berikut tool baik Offline maupun online yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar secara gratis.

Offline

1. PNGGauntlet 
Tool ini sangat cerdas dalam mengkompress, hampir tidak ada perbedaan yang mendalam image sebelum dan sesudah di kompress. yang berbeda hanya ukurannya heheh ( rata-rata 60 % berkurang )
2. File Optimzer
Tool ini bisa dibilang sangat lengkap. Dapat mengkompress hampir semua jenis file dan menggunakan berbagai alat lainnya. langsung aja
Download di sini : Link Download

Online

1. Yahoo Smush it 
Tool milik Yahoo ini merupakan salah satu yang merupakan paling akurat. Kelemahannya adalah setelah dikompress image harus didownload dan seringkali error saat mendownload.
Silahkan dibuka : www.smushit.com

2. TinyPNG 
Tool ini dapat mengkompress image hingga 70 % tanpa mengurangi kualitasnya. Dapat dicek contohnya di homepagenya.
Alamat : tinypng.org

3. CompressJPG dan CompressPNG
Dapat mengkompress image hingga maksimal 20, tool khusus untuk yang berformat JPG / JPEG. Format  lain akan otomatis diubah ke JPG. Untuk yang PNG hampir sama.
4. Compressnow
Berbeda dengan yang lain, jika menggunkan alat ini, anda dapat menentukan persentase kompressnya secara manual. Kekurangannya tentu anda ingin yang automatis dan jika manual kualitas agak meragukan.
Silahkan di coba di http://compressnow.com/

Sebenarnya masih banyak tool hebat yang lain tapi silahkan cari di Mbah Google . Saya mohon maaf karena sudah lama tidak memposting artikel karena kesibukan saya di dunia nyata hehhe.

Posting Komentar Blogger

 
Top