15
Ahmad Suyadi cloner bocah




Baru-baru ini, dunia blogging indonesia dihebohkan oleh ulah anak SMK ( menurut yang saya lihat di google+ nya ) yang bernama Ahmad Suyadi. Lho mengapa ia terkenal ( dalam sisi buruk ) ? Itu karena ia telah melakukan cloning terhadap blog-blog indonesia yang terkenal seperti kangsimet, kompiajaib, templateku dll.
Orang seperti ini bisa dianggap bajing*n, bayangkan ia seenaknya sendiri mengcloning template buatan orang lain tanpa meminta ijin. Terserah jika ia menyertakan link ke blogger pemilik asli template yang dikloning, tapi apakah ia tidak memikirkan perasaan blogger yang melihat jika templatenya dikloning ? Hal ini sudah melampui batas.
"Jangan anggap kegiatan cloning sama saja dengan kegiatan membuat template"
Membuat template itu sangat sulit, bahkan yang pro pun, mengapa ?
Karena dalam membuat template dibutuhkan aspirasi dan ide.

Memang sangat mudah bagi blogger yang mengerti javascript, css dan HTML untuk membuat template yang bagus tapi ingat bahwa template yang bagus diawali oleh ide yang bagus.
"Cloning tidak menumbuhkan kreativitas"

Mengcloning jangan dianggap mencari ilmu. Terserah jika anda melihat page source blog terkenal dan belajar CSS maupun HTML ( seperti yang dilakukan oleh saya ) tapi jika anda mengaplikasikannya ke milik anda tanpa izin hal ini sudah melanggar hak cipta. 

Hak cipta itu hal yang sangat penting. Mungkin karena negeri Indonesia adalah negeri yang tidak menghargai hak cipta, bayangkan jika Jepang mencuri hak cipta tempe, itu salah kita kan karena kita tidak peduli hak cipta. Coba lihat window anda ? Apakah asli atau bajakan (beruntung saya asli) ? Hal inilah yang menyebabkan orang indonesia tidak peduli hak cipta, suka yang crack dan keygen. 
Orang Indonesia : Jika ada yang gratis. mengapa harus beli ?

Oleh sebab itu saya minta saudara Ahmad Suyadi bertobat, eh berhenti mengcloning karena cloning adalah kegiatan yang merugikan.
Update : Saudara Ahmad sudah bertaubat

Posting Komentar Blogger

  1. sudah saatnya dia diberantas dari dunia blogger, kehadirannya akan merusak citra blogger indonesia,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kasihan juga, ia memiliki bakat yang hebat, lebih baik ia "diluruskan", mungkin ia akan menjadi lebih hebat daripada kangismet, dte dll. :)

      Hapus
    2. kalau mencloning itu bukan bakal hebat namanya mas, saya juga bisa kok kalau hanya cloning, tapi apalah artinya kalau dibenci orang, sama saja hal yang kita lakukan itu nol. malah semakin bodah dan tidak bisa membuat ide.

      Hapus
  2. enaknya diapain ya . . .
    #miker dulu lah , ,

    BalasHapus
  3. cloning itu apaan si gan , ane kagak ngertiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kata clone yang mendekati dengan arti tiruan . cloning dalam blogger merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan tapi juga dibenci.

      Hapus
    2. Bahasa pasarnya copy paste,fotocopy,dll.
      Benar ya Mas ?

      Hapus
  4. Terima Kasih mas atas kritikanya
    mulai saat ini saya akan berubah ...

    #untuk semuanya saya minta maaf atas perbuatan saya ini
    karena saya ini merupakan manusia biasa yang banyak dosa

    BalasHapus
  5. memang benar, membuat template yang sesungguhnya itu sangat sulit banget, pikiran, tenaga, waktu, dan keluarga jadi korban kalau sudah berurusan dengan kode-kode template...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. gan mau tanya,..kalo ane kan ngerubah background,terus html lainya di blog tapi tetep nyertain nama sama akun sipembuat template,apa itu termasuk tindakan kloning gak yah?
    oiya,..ane newbie di dunia blogging,tolong dibantu ya gan,....
    http://merdekaalghifari.blogspot.com/#

    BalasHapus

 
Top